Kembangkan Diagram Kontrol, Profesor ITS: untuk Peningkatan Kualitas Produk

0
Showing 1 of 2

Kembangkan Diagram Kontrol, Profesor ITS: untuk Peningkatan Kualitas Produk

info ruang publik – Diagram kontrol berguna untuk memonitor stabilitas proses dalam meningkatkan kualitas suatu produk. Hal itu mendorong salah satu guru besar dari Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan diagram kontrol digunakan dalam memantau pergeseran variabilitas suatu produk.

Melalui penelitiannya, Muhammad Mashuri, menuturkan keseragaman produk suatu perusahaan menjadi salah satu patokan produk yang dihasilkan berkualitas. Makin seragam suatu produk, semakin kecil variabilitas yang dihasilkan atau semakin berkualitas produk yang dihasilkan.

Mashuri menyebut meskipun mampu bersaing secara harga dan layanan, namun produk tidak akan mampu bertahan dalam kurun waktu lama bila tidak berkualitas. Selain itu, penjualan bisa dipastikan tidak konsisten.

“Maka dari itu, peningkatan kualitas produk dan layanan merupakan hal krusial bagi keberlangsungan sebuah perusahaan,” tutur Mashuri dalam orasi ilmiah yang disampaikan saat dikukuhkan sebagai profesor dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 Oktober 2022.

Mashuri mengembangkan diagram kontrol variabilitas multivariat random dalam penelitiannya. Menurutnya, diagram kontrol variabilitas multivariat dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian. Yakni, penelitian diagram kontrol variabilitas untuk pengamatan berupa subgrup, individual, dan simultan.

“Metode pengontrolan kualitas target telah mengalami perkembangan pesat, tetapi pengontrolan variabilitas kurang mendapatkan perhatian,” papar profesor ke-149 ITS ini.

Dosen Departemen Statistika ITS ini menjelaskan korelasi antar diagram. Dia menuturkan diagram kontrol Vector Standard Deviation (VSD) bermanfaat untuk memonitor pergeseran variabilitas subgrup. Sedangkan, diagram kontrol D-tielda bermanfaat untuk  memonitor pergeseran variabilitas individual.

Showing 1 of 2
Exit mobile version