Kembangkan Diagram Kontrol, Profesor ITS: untuk Peningkatan Kualitas Produk

0
Showing 2 of 2

“Yang terakhir, diagram Tr(R2) bermanfaat dalam memonitor variabilitas proses untuk karakteristik multivariat dengan satuan dan ukuran yang berbeda,” papar dia.

Dalam pengembangannya, alumnus doktoral Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut membandingkan diagram yang dikembangkan lebih sensitif dalam mendeteksi adanya proses pengamatan di luar batas. “Hasil penelitian ini merupakan pengembangan dari berbagai diagram kontrol yang sudah ada sebelumnya,” jelas profesor yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor II Institut Teknologi Kalimantan (ITK) tersebut.

Berdasarkan pengembangan, Mashuri mengungkapkan diagram kontrol efektif untuk pencegahan produk cacat. Selain itu, diagram kontrol mampu memberikan informasi yang bersifat diagnostik dan prediktif, serta meningkatkan kualitas produk, baik barang maupun jasa.

“Produk yang berkualitas akan meningkatkan pangsa pasar, sedangkan peningkatan pangsa pasar tentunya juga akan meningkatkan keuntungan perusahaan,” ujar dia.

Mashuri mengatakan bila keuntungan perusahaan meningkat, dividennya juga meningkat dan berpotensi pada peningkatan penghasilan pekerja. Sehingga, dapat meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing bisa memperkuat potensi produk tersebut untuk diekspor. “Jika peningkatan kualitas produk menarik pasar internasional, devisa, dan surplus perdagangan pun akan meningkat pula,” tutur dia.

Source:

Showing 2 of 2
Exit mobile version