Argentina di Guncang Oleh Upaya Pembunuhan Terhadap Wakil Presiden

0
Showing 1 of 3

Argentina di Guncang Oleh Upaya Pembunuhan Terhadap Wakil Presiden

info ruang publik – Ratusan ribu orang Argentina turun ke alun-alun utama ibu kota pada Jumat untuk menunjukkan solidaritas terhadap upaya pembunuhan mengejutkan terhadap wakil presiden negara itu sehari sebelumnya, yang memicu curahan dukungan di sebuah negara yang dicengkeram oleh polarisasi politik yang mendalam dan krisis ekonomi.

Seorang penyerang menodongkan pistol berisi peluru dari jarak dekat ke Wakil Presiden Cristina Fernandez de Kirchner di luar rumahnya di Buenos Aires tempat orang banyak berkumpul Kamis malam, tetapi pistol itu gagal dilepaskan.

Pihak berwenang belum memastikan motif serangan terhadap Fernandez de Kirchner, mantan presiden sayap kiri negara Amerika Selatan itu.

Plaza de Mayo yang bersejarah di Buenos Aires, di sebelah kantor kepresidenan Casa Rosada, pada hari Jumat dipenuhi kerumunan pendukungnya yang mengibarkan bendera bersama dengan serikat pekerja sekutu dan aktivis lainnya.

“Terima kasih Tuhan dan Perawan bahwa peluru tidak keluar,” kata guru berusia 58 tahun Santiago Bianco.

Orang lain di alun-alun yang penuh sesak juga menggemakan rasa lega karena tragedi yang jauh lebih buruk dapat dihindari.

“Bagi kami, kemungkinan hal seperti itu bisa terjadi pada Cristina tidak terpikirkan,” kata Claudia, 37, yang menolak memberikan nama keluarganya. “Kami diselamatkan tadi malam dari sesuatu yang mengerikan yang bahkan tidak bisa kami pahami.”

Showing 1 of 3
Exit mobile version