Pemilu 2024, Bangsa Kita Saat ini Dalam Kondisi Tidak Saling Bekerja Sama

0
Showing 1 of 1

Pemilu 2024, Bangsa Kita Saat ini Dalam Kondisi Tidak Saling Bekerja Sama

info ruang publik – Beragam kalangan masyarakat disebut tetap berharap Pemilu 2024 berlangsung sesuai rencana. Ketua Forum 2045 Untoro Hariadi menyatakan Pemilu 2024 dapat menjadi titik awal guna membangun sebuah tata baru yang mengarahkan seluruh kekuatan bangsa untuk bekerja sama.

“Bangsa kita saat ini dalam kondisi tidak saling bekerja sama,” ujar Untoro melalui keterangan tertulis, Sabtu, 17 Desember 2022.

Forum 2045 adalah organisasi guru besar, akademisi, dan pegiat sosial dari seluruh Indonesia. Orang-orang dalam forum ini disebut sedang menggarap cetak biru pembangunan Indonesia pascahabisnya masa berlaku Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) pada 2025.

Menurut dia, persoalan kelangkaan pangan, kesenjangan ekonomi, serta perubahan iklim telah mengurangi kapasitas bangsa dalam mengusahakan perbaikan perikehidupan rakyatnya. Ia menilai Indonesia memerlukan tata baru untuk membangun sebuah formasi bangsa yang dapat mendorong seluruh komponennya saling bahu-membahu dalam mewujudkan tujuan bernegara.

“Para guru besar yang tergabung dalam Forum 2045 mengusulkan tata baru tersebut diberi nama sebagai orde kolaborasi,” ungkap dia.

Menurut Untoro, orde kolaborasi adalah respons sejarah yang tak terelakkan dari perkembangan demokrasi pascareformasi yang menyebabkan pelemahan kohesi sosial. Ia menyebut tahap demokrasi Indonesia saat ini ditandai kerasnya kompetisi yang membikin retak ikatan persatuan.

“Orde kolaborasi dengan demikian juga melakukan restorasi atas demokrasi Indonesia sehingga sendi-sendi berbangsa dan bernegara yang kini terasa longgar dapat dieratkan kembali,” paparnya.

Source:

Showing 1 of 1
Exit mobile version