Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik Bila Rencana Ridwan Kamil Bergabung di Partai Terwujud

0
Showing 1 of 2

Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik Bila Rencana Ridwan Kamil Bergabung di Partai Terwujud

info ruang publik – Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Aisah Putri Budiatri saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

“Saya kira langkah Kang Emil masuk partai tentu bisa bermakna banyak, termasuk terkait dengan peta politik 2024,” ucap Puput sapaannya.

Dia menuturkan taktik politik Partai Golkar pada Pilpres 2024 bakal berubah jika Kang Emil memutuskan bergabung ke partai berlambang pohon beringin tersebut. Dia mengatakan Kang Emil tentu berniat melanjutkan karir di bidang politik.

“Dalam kondisi ideal, RK sepatutnya meningkatkan karir politik dari Gubernur Jawa Barat kepada karir politik yang lebih tinggi dan atau lebih strategis. Dalam konteks ini hanya ada tiga posisi yang lebih tinggi atau diasosiasikan lebih tinggi, yakni menjadi presiden, wakil presiden atau gubernur DKI Jakarta,” jelas dia.

Puput menambahkan ada potensi Kang Emil diusung Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Jika RK masuk Golkar dan diproyeksikan untuk menjadi bakal kandidat pilpres, maka ada potensi RK diusung menjadi cawapres mendampingi Airlangga, dengan konteks Golkar juga didukung oleh partai lain, dalam hal ini KIB (Koalisi Indonesia Bersatu),” imbuh Puput.

Showing 1 of 2
Exit mobile version