Mahfud MD di Tantang Jubir Lukas Enembe soal Rp 1.000 T untuk Dana Otsus Papua

0
Showing 1 of 2

Mahfud MD di Tantang Jubir Lukas Enembe soal Rp 1.000 T untuk Dana Otsus Papua

info ruang publik – Muhammad Rivai Darus, juru bicara Gubernur Papua, Lukas Enembe menyayangkan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut sejak tahun 2001 hingga kini pemerintah pusat telah menggelontorkan dana otsus Papua sebesar Rp 1.000 triliun. Menurut Rivai, pernyataan tersebut tidak benar dan perlu pembuktian.

“Hari-hari ini saya pikir, proses hukum yang sedang dijalani oleh Bapak Lukas Enembe sedikit mengalami distorsi peristiwa. Api pemantik dari distorsi tersebut tentu datang dari konferensi pers yang dilakukan oleh Bapak Menkopolhukam,” ujar Rivai.

Rivai mengaku pernyataan Mahfud MD tersebut tanpa dasar dan perlu pembuktian. Dengan demikian, pernyataan Mahfud tidak menimbulkan distorsi informasi di Papua.

“Saya membaca kembali pernyataan dari Pak Mahfud, Selain banyak media yang latah memberitakan informasi tersebut, kami perlu meluruskan bahwa data yang disampaikan berpotensi misinformasi. Perlu dijelaskan lebih spesifik oleh Bapak Mahfud soal rincian dana apa saja yang dimaksud, apabila perhitungan yang dilakukan hanya pada anggaran kepada Pemprov Papua, maka angka yang disebut oleh Bapak Mahfud jelas keliru dan tidak benar,” beber Rivai.

Tak hanya itu, Rivai juga mempersoalkan pernyataan Mahfud yang menyebut rakyat Papua tidak mendapat apa-apa dari dana otsus yang digelontorkan pemerintah pusat. Menurutnya, pernyataan itu memantik emosi masyarakat Papua. Meski demikian, Rivai menyebut memerlukan waktu yang panjang untuk menjelaskan seluruh capaian kemajuan yang diraih Papua selama dipimpin Lukas Enembe dan gubernur sebelumnya.

Showing 1 of 2
Exit mobile version