Majelis Rektor Pastikan Seleksi Mandiri PTN Punya Sistem Andal

0
Showing 1 of 2

Majelis Rektor Pastikan Seleksi Mandiri PTN Punya Sistem Andal

Majelis Rektor Pastikan Seleksi Mandiri PTN Punya Sistem Andal

info ruang publik – Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho, berharap kejadian korupsi seleksi jalur mandiri dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) tak terulang kembali di masa yang akan datang. Menurut dia, pelaksanaan seleksi mandiri di perguruan tinggi negeri sudah berbasis pada pertimbangan akademik dengan akuntabilitas tinggi.

“Segenap jajaran rektor perguruan tinggi negeri anggota MRPTNI prihatin atas kejadian yang telah mencederai reputasi dan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Dan berharap kejadian serupa tidak akan terulang kembali dimasa yang akan datang,” ujar Jamal dalam pernyataan sikapnya, Senin (22/8/2022).

Dia menerangkan, sistem PMB di perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia selama ini, termasuk jalur seleksi mandiri yang dilaksanaan oleh perguruan tinggi, adalah sistem yang andal. Di mana sistem itu sudah teruji dan tidak diragukan akuntabilitasnya karena terbukti telah dilaksanakan selama lebih dari 10 tahun terakhir dengan terus melaksanakan pemantauan dan eveluasi.

“Pelaksanaan seleksi mandiri di PTN adalah berbasis pada pertimbangan akademik dengan prinsip-prinsip good governance dan akuntabilitas yang tinggi,” kata dia.

Showing 1 of 2
Exit mobile version