Batik Eco-Printed, Karya Narapidala Lapas Cikarang yang Mendunia

info ruang publik – Kunjungan kerja Direktorat Jenderal Pemasyarakatan terkait aplikasi Criminal Justice System Dashboard ke Inggris menjadi momen bersejarah bagi Lapas Cikarang. Hal itu tak lepas dari diterimanya Batik Eco-Printed hasil karya binaan Lapas Cikarang saat diperkenalkan disana dan disambut baik.

Dikabarkan jika Tanggal, 14-20 September 2024, Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih mewakili Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melakukan kunjungan kerja ke Inggris, sekaligus memperkenalkan salah satu produk unggulannya yaitu Batik Eco-Printed.

“Batik Eco-Printed ini bukan hanya dibuat dari bahan alami sebagai motifnya dengan cukup rumit. Tapi juga menunjukkan nilai estetika dan keunggulan kualitas. Ini membawa pesan tentang kreativitas pada pembinaan narapidana di Indonesia,” katanya.

Perwakilan dari Ministry of Justice Inggris menyambut baik inovasi ini,  hal tersebut menunjukkan bahwa produk narapidana Indonesia memang memiliki potensi di pasar internasional.

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Dr Desra Percaya, ikut memberikan apresiasi atas upaya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam melakukan pembinaan kepada para narapidana. Dirinya menekankan pentingnya dukungan terhadap program-program yang mampu memberdayakan narapidana sehingga mereka dapat berkontribusi positif setelah masa hukuman selesai.

Imam Sapto Riadi, selaku Kepala Lapas Cikarang pun turut bangga atas kinerja pegawai, dan narapidananya. “Saya tentu sangat bangga dan pastinya mengapresiasi sekali atas apa yang telah dilakukan oleh jajaran kami, khususnya para pegawai yang telah membina narapidana dengan senantiasa memberikan program pembinaan berkualitas kepada narapidana dan anak binaan yang ada di Lapas Cikarang”, bangga Imam.

“Dengan pengakuan yang diterima dari Inggris, Batik Eco-printed Lapas Cikarang membuktikan bahwa produk dalam negeri, khususnya hasil karya narapidana, memiliki nilai tambah yang mampu bersaing di pasar global dan mendunia,” pungkasnya.

red/BA

Exit mobile version