MRT Fase 3 Rute Balaraja-Cikarang  East-West Akan Dikebut Pembangunannya

0
Showing 1 of 2

MRT Fase 3 Rute Balaraja-Cikarang  East-West Akan Dikebut Pembangunannya

info ruang publik – Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) East-West yang merupakan pengembangan MRT Fase 3 dengan rute Balaraja-Cikarang sepanjang 84,10 kilometer akan diakselerasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Arahan Bapak Presiden bahwa proyek ini bisa diselesaikan atau financial closing di 2024 sehingga tentu program ini perlu kita tindaklanjuti,” kata Airlangga selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dalam rapat koordinasi, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (21/1/2023).

Dengan dukungan pembiayaan dari Jepang sebagai investor utama, proyek MRT East-West senilai Rp 160 triliun tersebut terbagi menjadi 2 fase yakni fase 1 yang mencakup area DKI Jakarta dan fase 2 yang meliputi Banten dan Jawa Barat.

Pembangunan MRT East-West tersebut sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi ketergantungan terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta mengurangi kemacetan yang menjadi masalah utama Jabodetabek.

Pemerintah berencana akan menyediakan 3 depo operasional di MRT East-West dengan estimasi penumpang mencapai 1,2 juta per hari.

MRT East-West tersebut juga akan mencakup 49 kawasan Transit Oriented Development (TOD) sehingga memberikan solusi atas transportasi publik secara masif.

Showing 1 of 2
Exit mobile version