Penutupan Orientasi DPRD Kabupaten Bekasi, BPSDM: Tetapkan 5 Terbaik dan 2 Terfavorit

info ruang publik – Rangkaian kegiatan orientasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi masa jabatan 2024-2029 resmi ditutup. Acara yang berlangsung di eL Hotel, Kota Bandung, sejak 23-27/September/2024, bukan saja dihadiri oleh 55 anggota DPRD Kabupaten Bekasi terlantik, tapi juga dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat.

Kepala BPSDM yang diwakili oleh Kepala Bidang Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan, Angga Muchlis Al Rachmat SIP, MSi mengatakan pelaksanaan orientasi ini untuk meningkatkan kapabilitas, tanggungjawab, dan integritas para anggota DPRD supaya lebih optimal perannya dalam menjalankan tupoksi sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah.

“Memupuk semangat pengabdian kepada bangsa dan negara dalam sinergi bersama Pemerintah Daerah. Baik disektor pembangunan maupun pelayanan publik,” kata Angga dalam sambutannya.

Lanjut Angga, jikalau orientasi ini juga menitik beratkan pada indikator penilaian berdasarkan presensi atau kehadiran maupun sikap dan perilaku. Pre dan posttest  serta tingkat partisipasi aktif juga dijadikan acuan.

“Kami apresiasi dengan menetapkan tujuh anggota DPRD dalam golongan lima peserta terbaik, dan dua peserta favorit,” paparnya.

Salah satu peserta terbaik dalam orientasi DPRD Kabupaten Bekasi tersebut, Nyumarno menjelaskan dalam orientasi, seluruh 55 Anggota DPRD Kabupaten Bekasi mendapatkan pelatihan dan materi yang sama, yang dibawakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat ataupun BPSDM Kementerian Dalam Negeri. Adapun materi yang diberikan diantaranya: wawasan kebangsaan, sistem pemerintahan, penguatan dan penegakan peraturan perundangan, hak dan kewajiban DPRD, fungsi tugas dan wewenang alat kelengkapan DPRD, penyusunan tata tertib, kode etik serta tata beracara bagi anggota DPRD.

Peraih nilai tertinggi dalam pre dan posttest ini menambahkan jika dirinya menjadi peringkat kedua karena faktor kehadiran pada hari pertama acara. “Terlambat karena harus jemput anak dari mess sekolahnya dahulu,” terang Nyumarno.

“Pada saat orientasi, dilakukan penilaian juga terhadap seluruh peserta, termasuk mengerjakan tugas-tugas dari pemateri. Kemudian BPSDM Provinsi Jawa Barat melakukan penilaian, untuk menetapkan 5 peserta terbaik dan 2 peserta terfavorit pria dan wanita. Indikator penilaian peserta diambil dari absensi/kehadiran, sikap, perilaku, partisipasi aktif selama orientasi, nilai ujian pre tes (di awal orientasi) serta nilai ujian posttest (di akhir orientasi),” sambungnya lagi.

Nyumarno optimis 55 anggota DPRD kedepan akan semakin solid untuk Bangkit, Maju dan Sejahterakan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Berikut daftar peserta anggota DPRD terbaik:

  1. Dra Ani Rukmini MIKom
  2. Nyumarno SM
  3. Jamil SE, SSos
  4. Saeful Islam SH
  5. Aria Dwi Nugraha

Peserta anggota DPRD terfavorit:

  1. Mia EL Dabo STr Keb, ST
  2. Iin Farihin

pram

Exit mobile version