Hadapi Pasangan Calon Tunggal Pilkada 2024, KPU RI Minta Gelar Simulasi Pemilu

info ruang publik – Pasangan calon tunggal peserta Pilkada tahun 2024 disetiap daerah semakin bertambah. Setelah sebelumnya mengumumkan 38 daerah yang mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah tunggal, KPU pun juga mengumumkan 43 bakal calon tunggal lalu kemudian ada 41 daerah yang mendaftar.

“Karena situasinya ada perpanjangan, ada yang tidak terima dan ada juga yang masih berproses di Bawaslu. Kira-kira gambarannya ada kisaran 37 Kabupaten, Kota dan 1 Provinsi potensi calon tunggal di Pilkada 2024 nanti,” kata  Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin, dikutip dari Antara.

Afif menambahkan jika kemungkinan akan ada penambahan lagi bakal pasangan calon seperti Manokwari, Lampung Timur, Lahat, Tapanuli Tengah, dan Dharmasraya. “KPU Daerah masih lakukan pemeriksaan wilayah-wilayah tersebut,” lanjutnya.

Afif memastikan nanti tanggal 27 September pas penetapan calon. “Sementara perpanjangan dan penerimaan berkas masih kita lakukan, sekitar 1 provinsi dan 37 Kabupaten Kota,” imbuhnya.

KPU RI juga meminta jajaran KPUD untuk menggelar simulasi pemungutan suara bagi calon tunggal yang melawan kotak kosong di daerah. Simulasinya diharapkan dapat membantu KPU RI menyusun regulasi maupun petunjuk teknis penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Kita lakukan simulasi ntuk menemukan alih masalah, yang ideal itu seperti apa. Termasuk menampung masukan dari teman Bawaslu dan semua pihak,” tutupnya.

pram

Exit mobile version