Sebagai Upaya, PemKab Bekasi Gelar Lomba TPS Unik Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih

info ruang publik – Meningkatkan kesadaran akan dampak positif dari setiap suara dan mengingatkan masyarakat bahwa setiap suara memiliki arti penting dalam proses demokrasi adalah hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah.

Begitu juga yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, demi upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini pun, Pemkab menggelar lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik di wilayahnya.

“Kita beri reward bagi TPS yang berhasil menciptakan desain unik,” kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan dikutip dari Antara, Minggu, 11/02/2024.

Dani menjelaskan jika ajang ini merupakan upaya untuk menjadikan TPS menjadi daya tarik peminatan bagi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya. Penilaiannya pun melibatkan juri gabungan yang dipimpin oleh Badan Kesatuan dan Politik Kabupaten Bekasi.

“Dengan tampilan yang unik dan menarik, gairah dan animo masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2024 menjadi terwujud,” ucap Dani.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Ridho memberikan apresiasi atas giat yang digelar Pemkab Bekasi demi menarik minat masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya.

Ali juga mengatakan semua upaya sudah dilakukan demi meningkatkan partisipasi pemilu, baik itu melalui tatap muka, kirab, deklarasi pemilu damai, hingga kunjungan ke berbagai Universitas, pesantren dan sekolah-sekolah.

“Tahun 2019 tingkat partisipasi itu mencapai 81,34 persen. Target tahun ini diharap mampu melampaui apa yang sudah dicapai pada Pemilu 2019. Gak perlu muluk-muluk, yang penting ada peningkatan, minimal 82-83 persen dari jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap),” tutup Ali.

Syaka/BA

Exit mobile version