Revitalisasi Terminal Tipe A Leuwipanjang Habiskan Rp 70 Milyar Merupakan Inisiatif Jokowi

info ruang publik – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Bandung Jawa Barat setelah beberapa hari awal pekan ini berada di Jawa Tengah untuk memberikan bantuan pangan dan kunjungan kerja lainnya. Hari ini, Jokowi meresmikan Terminal Tipe A Leuwipanjang, Bandung pada Sabtu (3/2/2024) usai dilakukan sejumlah revitalisasi.

“Terminal bus selalu dari dulu dikesankan dan kenyataan yang ada di lapangan kumuh, tidak rapi, kotor dan banyak premannya, itu persepsi dan kalau kita liat hari ini terminal Leuwipanjang di kota Bandung yang dibangun menghabiskan anggaran Rp 70 miliar keren banget,” kata Jokowi, Sabtu (3/2/2024).

Terminal ini masuk kategori terminal angkutan Tipe A yang melayani angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan non bus. Setiap harinya ada 2000 penumpang yang dilayani pulang dan pergi di terminal ini.

Di samping itu, di Terminal Leuwipanjang juga menyediakan bus listrik yang akan dioperasikan melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah Jawa Barat. Revitalisasi terminal hingga penyediaan kendaraan listrik merupakan inisiatif Jokowi untuk mendorong penggunaan angkutan massal.

“ini untuk mendorong masyarakat agar menggunakan kembali transportasi umum, berbondong-bondong tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi, mobil pribadi kalau itu diteruskan yang terjadi kemacetan yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari kita,” kata Jokowi.

Terminal yang sudah dibangun sejak 1996 ini direvitalisasi sejak 2000 secara bertahap dan merombak beberapa bagian mulai dari area tunggu penumpang, area bus, fasilitas mesin tiket, papan informasi, hingga area UMKM dan kantor Samsat yang berada di dalam gedung terminal.

“Terminal Leuwipanjang dengan total luas 30.000 m2 ada contoh Samsat pertama di Indonesia, ini jadi contoh terminal di seluruh Indonesia,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sumber

Exit mobile version