CPNS 2024, BKN Andil Berikan Pertimbangan Teknis

info ruang publik – Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut andil dalam persiapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024. BKN tepatnya memberikan pertimbangan teknis kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Lalu, kapan pembukaan seleksi CPNS 2024? Pelaksana Tugas Karo Humas BKN Nanang Subandi mengatakan, BKN tak berwenang atas penyampaian soal jadwal rekrutmen CPNS. Menurut dia, rekrutmen CPNS merupakan kewenangan Kemenpan-RB.

“[Pertimbangan teknis berupa] jumlah kebutuhan berdasarkan usulan instansi mengacu analisis jabatan dan analisis beban kerja masing-masing instansi,” urai Nanang dalam pesan singkat, Rabu (3/1/2024).

“Adapun menyangkut pengumuman pembukaan rekrutmen menjadi kewenangannya Kemenpan-RB dan akan diumumkan secara terbuka kepada publik,” lanjut dia.

Nanang mengatakan, persiapan seleksi CPNS 2024 terdiri dari beberapa tahapan. Pemberian pertimbangan teknis kepada Kemenpan-RB merupakan salah satu tahapan persiapan seleksi CPNS 2024.

Selain memberikan pertimbangan teknis, tahapan lain adalah setiap instansi memberikan kebutuhan pegawai di instansi masing-masing kepada Kemenpan-RB.

“Terkait keputusan jumlah kebutuhan pada tiap jabatan yang akan dibuka melalui sejumlah proses, mulai dari instansi mengajukan kebutuhan pegawai di instansinya kepada Kemenpan-RB dan mendapat pertimbangan teknis dari BKN,” ucap Nanang.

Ia menyebutkan, pertimbangan teknis yang akan diberikan dari BKN kepada Kemenpan-RB berupa jumlah kebutuhan pegawai di setiap instansi. Jumlah ini disesuaikan dengan mengacu kepada analisi jabatan serta beban kerja instansi.

Sumber

Exit mobile version