Dipastikan Buka Kembali, TikTok Shop Akan Gandeng Tokopedia Sebagai Mitra di Indonesia

info ruang publik – TikTok Shop dipastikan akan kembali buka di Indonesia. Namun layanan itu dilaporkan akan menggandeng ke aplikasi yang telah beroperasi di tanah air sebelumnya.

Ditemui di kantor Kemenkop UKM beberapa waktu lalu, Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Kemenkop UKM Temmy Satya Permana mengatakan dari informasi yang didapatkannya, TikTok Shop akan buka layanannya kembali. TikTok juga dipastikan akan mematuhi aturan yang ada di Indonesia.

“Pasti buka lagi, informasi yang saya dapat dari TikTok mereka akan buka dan comply,” kata Temmy saat ditemui di Kantor Kemenkop UKM, beberapa waktu lalu.

Namun dia belum bisa memastikan kebenaran kabar TikTok yang akan menggandeng e-commerce Indonesia. Termasuk perusahaan mana yang akan digandeng raksasa teknologi asal China itu.

Bloomberg mengabarkan bahwa TikTok, memilih Tokopedia sebagai mitra di Indonesia. ByteDance, induk usaha TikTok disebut akan berinvestasi di e-commerce anak usaha GoTo tersebut. Investasi dalam bentuk pembentukan perusahaan patungan disebut akan direalisasikan dalam beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya, TikTok Shop harus mengakhiri layanannya di Indonesia terkait Permendag 31/2023. Salah satu yang diatur dalam peraturan tersebut adalah melarang media sosial dan e-commerce beroperasi dalam aplikasi yang sama.

Sementara itu dalam laporan Reuters disebutkan TikTok tengah dalam pembicaraan dengan sejumlah perusahaan e-commerce dalam negeri. Laporan itu mengutip wawancara dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Dia menyebutkan TikTok berdiskusi dengan lima perusahaan e-commerce. Tiga di antaranya adalah Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.

“Tapi saya belum berani ngomong. Kemungkinan dia akan bergabung dengan (e-commerce). Kemungkinan ya, karena kalau dia bikin PT sendiri kayaknya nggak,” ujarnya.

Teten juga menekankan TikTok perlu mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. Bahkan dengan skema apapun yang dilakukan perusahaan itu nantinya.

Sumber

Exit mobile version