Showing 1 of 2

Peran Bos Media di Balik Capres 2024

info ruang publik – Poros kekuatan calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 semakin terlihat jelas. Sejumlah partai besar telah menyatakan dukungan kepada masing-masing capres yang akan berlaga pada kontestasi politik tahun depan.

Awalnya Partai Nasdem, partai pengusung, telah terlebih dahulu mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan pada Oktober 2022. Kemudian dalam perjalanannya PKS dan Partai Demokrat ikut menyatakan dukungan kepada mantan menteri pendidikan tersebut.

Sementara itu Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDI Perjuangan didukung oleh PPP, Perindo, dan Hanura.

Menariknya ada raja media di balik masing-masing capres tersebut. Sebagaimana diketahui, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh merupakan pengusaha yang bergerak di berbagai bidang, satu di antara gurita bisnisnya adalah Media Group yang bermarkas di Kebon Jeruk.

Kemudian dalam daftar pendukung Ganjar Pranowo ada Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo. Gurita bisnisnya juga besar dan dikenal sebagai bos media dari Kebon Sirih.

Lantas di antara kedua raja media Kebon Jeruk dan Kebon Sirih tersebut siapa yang paling kaya?

Surya Paloh

Jauh sebelum menjadi bos media kakap, pria dengan nama panjang Surya Dharma Paloh sudah sejak lama berkiprah dalam dunia bisnis.

Ia merupakan anak dari pasangan Daud Paloh dan Nursiah Paloh. Dia lahir di Banda Aceh 16 Juli 1951 namun besar di Sumatra Utara. Di Medan dia berkembang menjadi seorang pengusaha.

Mengutip detikcom, Surya saat sedang mengenyam pendidikan di sekolah, sering berjualan mulai dari karung goni, teh hingga ikan asin yang dia beli dari dua orang sahabatnya. Dia juga menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Islam Sumatra Utara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sejak muda Surya memang dikenal aktif berorganisasi.

Meski begitu dia juga pernah merasakan bekerja. Saat masih SMA, Surya sempat bekerja di Travel Biro Seulawah Air Service. Hasratnya berpolitik sama besarnya dengan hasrat menjadi pengusaha.

Showing 1 of 2
Exit mobile version