Showing 3 of 5

Namun, karakter Prabowo yang cenderung emosional itu memudar ketika menjabat Menteri Pertahanan di kabinet Presiden Jokowi. Sikap Prabowo yang kalem ihwal kepemimpinannya membawa pesan seorang pemimpin harus bisa bermain peran di dalam lakon keadaan.

Transformasi Politik Prabowo

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, sikap kalem Prabowo belakangan ini merupakan bentuk transformasi politik. Ia mengatakan Prabowo dulu dikenal politikus berlatar belakang militer, sehingga komunikasi politinya cenderung kaku, kadang-kadang berjarak dengan media sosial dan media massa.

“Belakangan ini Prabowo menjelma menjadi politisi yang berperilaku politik seperti sipil, seperti rendah diri, hangat, dan cukup akrab dengan semua kalangan termasuk awak media,” kata Adi, Kamis (6/7/2023).

Adi mengatakan, saat ini Prabowo sering kali mengeskpos, memberikan informasi kepada publik melalui media sosial. Menurut dia, hal itu merupakan sesuatu yang baru dilakukan Prabowo karena tidak pernah dilakukan sebelumnya.

“Oleh karena itu, ini bentuk tranformasi politik,” ucap Adi.

Di sisi lain, Adi mengatakan, sikap kalem Prabowo saat ini karena sedang melakoni drama demi meraih simpati publik. Ia menyebut hal itu merupakan strategi komunikasi politik Prabowo.

“Strategi komunikasi politik yang sepertinya dimainkan oleh Prabowo Subianto untuk mendapatkan respons dan simpati publik dan elektabilitas,” tutur Adi.

Showing 3 of 5
Exit mobile version