Harapan Gerindra Koalisi Besar Usung Prabowo Jadi Capres

info ruang publik – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berharap Prabowo Subianto bisa diusung sebagai calon presiden 2024 oleh koalisi besar. Dia menjelaskan, calon presiden serta calon wakil presiden oleh koalisi besar ini tentu diputuskan melalui perhitungan masing-masing parpol di dalamnya.

“Mudah-mudahan (sinyal koalisi besar dukung Prabowo capres). Ya kita lihat, pasti nanti ada hitung-hitungan dalam arti strategi, taktik, dan sebagainya,” kata Fadli di kawasan Jakarta Selatan, Ahad, 23 April 2023.

Adapun gagasan koalisi besar mencuat usai Presiden Joko Widodo alias Jokowi merestui peleburan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dengan Koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi KIR digawangi oleh Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa, sementara KIB terdiri atas Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Fadli menjelaskan, parpol calon anggota koalisi besar pasti rasional dalam mendapuk capres cawapres. Adapun dari segi survei, Fadli menyebut hanya ada tiga nama yang berada di papan atas. Mereka adalah Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta bekas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Pasti akan rasional, realistis gitu. Bahwa di atas kertas dari sisi polling, kan hanya tiga nama yang berada di premium league,” ujar Fadli.

1 2 3
Exit mobile version