Dugaan Korupsi Penyaluran ‘BANSOS’, KPK Kembali Membuka Kasus di Kementerian Sosial

info ruang publik – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membuka penyidikan kasus di Kementerian Sosial. Kali ini, lembaga antirasuah menyidik dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras di era Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“KPK mulai penyidikan baru terkait dugaan korupsi dalam pekerjaan penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 s/d 2021 di Kemensos RI,” kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangan, Rabu (15/3/2023).

Ali mengatakan, perkara tersebut disidik setelah KPK menerima laporan aduan masyarakat. Penyelidikan tersebut lantas dinaikkan status ke penyidikan karena dinilai menemui bukti permulaan yang cukup dan akan segera menetapkan tersangka.

“Ketika penyidikan ini kami anggap telah tercukupi untuk pengumpulan alat buktinya, maka identitas dari para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi dugaan perbuatan pidana sekaligus pasal yang disangkakan akan kami sampaikan pada publik,” kata Ali.

Ali pun berharap agar pihak yang dipanggil penyidik kooperatif dalam pengungkapan perkara. Ia pun meminta agar masyarakat ikut mengawal kasus. Pria yang juga jaksa itu memastikan KPK akan menangani sesuai koridor hukum.

“Kami pastikan setiap tahapan yang dilakukan KPK berdasarkan koridor hukum,” kata Ali.

1 2 3 4 5 6 7
Exit mobile version