Lantik 561 Anggota PPS, Pj Dani Ramdhan Sampaikan Harapannya

0
Showing 1 of 1

Lantik 561 Anggota PPS, Pj Dani Ramdhan Sampaikan Harapannya

info ruang publik – Hadiri pelantikan dan pengambilan sumpah janji bagi 561 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu serentak tahun 2024, di Gedung Serbaguna Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdhan didampingi oleh jajaran Forkopimda, Selasa, (24/01/2023).

Pj Dani Ramdhan berharap agar ke depan para anggota PPS yang dilantik untuk selalu bisa konsisten pada sumpah janji yang diucapkan.

Pengalaman pada Pemilu tahun 2019 lalu, mengenai banyaknya petugas Pemilu yang gugur akibat kelelahan bertugas menjadi sorotan Dani Ramdhan agar jangan sampai terulang, mengingat jumlah pemilih di desa Kabupaten Bekasi bisa mencapai ratusan ribu pemilih.

“Saya harap Pemkab dan KPU Kabupaten Bekasi mampu melakukan langkah mitigasi dengan analisis dan simulasi yang tepat, guna mencegah terulangnya hal tersebut,” ujar Pj Bupati Bekasi ini.

“Saya dengar tahun lalu satu desa di Tambun Selatan saja jumlah KPPS-nya sampai 250 orang, itu jumlah yang besar sekali, pasti jadi beban, di tingkat PPS. Nah ini dengan KPU akan kita lakukan analisis dan simulasi,” lanjut Dani usai acara.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin menyampaikan, sesuai arahan KPU RI terdapat 11 poin penting dalam Pakta Integritas sebagai janji dan loyalitas petugas PPS.

Jajang menghimbau kepada seluruh penyelenggara pemilu yang ada di bawah KPU Kabupaten Bekasi, harus mampu berada dalam satu garis komando. Terlebih dalam menafsirkan tindakan yang berkenaan dengan hukum di lapangan.

“Jika sesuatu hal fakta di lapangan yang tidak bisa diselesaikan dengan regulasi untuk dipahami, maka KPU RI memerintahkan kepada kita semua untuk tidak melakukan interpretasi hukum atau tidak melakukan pemahaman hukum sendiri,” paparnya.

“Harus ada komunikasi dan koordinasi secara berjenjang di tingkatan penyelenggara PPS ke PPK, PPK ke KPU, Kabupaten Bekasi ke Provinsi dan seterusnya,” pungkasnya.

Source || BA

Showing 1 of 1
Exit mobile version