Perempuan Dalam Sistem Politik Dibawah Naungan PDI Perjuangan

0
Showing 4 of 4

Budaya yang dominan di Indonesia adalah budaya patrimonialistik. Budaya yang dianut oleh masyarakat ini sangat menentukan orientasi dan partisipasi masyarakat dan orientasi inilah yang menyebabkan tidak banyak perempuan yang mau menjadi calon legislatif.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang kuat budaya Patriarki, yaitu menempatkan perempuan pada posisi yang selalu berada di bawah laki-laki. Patriarki sebagai suatu sistem yang bercirikan laki-laki.

Dalam sistem ini, laki-laki yang berkuasa untuk menentukan segala sesuatu yang akan dilakukan atau tidak dilakukan.

Sistem ini dianggap wajar sebab pembenarannya disejajarkan dengan pembagian kerja berdasarkan seks atau jenis kelamin dan bukan berdasarkan gender.

Harapan

Bagi perempuan-perempuan PDI Perjuangan yang ingin menjadi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Bekasi hendaknya mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas diri dalam :

  • Tiingkatkan sosialisasi dengan masyarakat supaya keterwakilannya dalam legislatif dapat didukung oleh masayarakat
  • Keterwakilan perempuan dalam legialatif dapat dilakukan proses rekruitmen secara maksimal.
  • Keterwakilan perempuan dapat melakukan peng-kaderan secara kontinyu sehingga keterwakilan dalam legislatif mendapat dukungan dari masyartakat.
  • Keterwakilan perempuan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat dan mendapat dukungan dari masyarakat
  • Keterwakilan perempuan dalam legislatif tidak hanya sekedar untuk memenuhi kuota, namun dapat lebih serius dalam meningkatkan kualitas diri agar masyarakat yakin dengan pilihan mereka terhadap perempuan pada pemilihan legislatif yang akan datang.

Dirgahayu PDI Perjuangan
DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Maju, Kuat dan Berjaya dibawah kepemimpinan Soleman dalam mewarnai Kabupaten Bekasi menjadi bagian penting Bangsa Indonesia.

Redaksi || BA

Showing 4 of 4
Exit mobile version