PemKab Bekasi Sambut Baik Penanaman Mangrove yang Dilakukakan oleh PT Sugity Creatives

0
Showing 1 of 1

PemKab Bekasi Sambut Baik Penanaman Mangrove yang Dilakukakan oleh PT Sugity Creatives

info ruang publik – Penyampaian PJ Bupati Dani Ramdhan atas nama Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mengapresiasi dukungan giat penanaman mangrove yang dilakukan oleh PT Sugity Creatives, disambut positif, Sabtu (17/12/2022).

Tahapan penanaman 45.000 bibit yang dimulai dari Tahun 2022 – 2024 nanti dengan proses penanaman 15.000 bibit di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara gembong, Kabupaten Bekasi dengan luasan 113.000 M² (11,3 Hektar) sudah dilakukan.

Upaya ini bentuk dari bagian rehabilitasi hutan mangrove Ujung Karawang (Muara gembong) yang dilakukan agar fungsi ekologi seperti pencegahan abrasi dan intrusi air laut tetap terjaga.

PJ Bupati yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Iwan Ridwan), menyampaikan bahwa  garis pantai di 3 Desa pesisir yaitu Desa Pantai Bahagia, Pantai Bakti Dan Pantai Sederhana sejak tahun 1974 sudah mengalami kemunduran sejauh 5,86-15,46 meter/tahun, hingga saat ini mengakibatkan kehilangan area seluas 73,45 – 482,95 hektar.

“Perlu diketahui bahwa sebagian besar area tersebut dulunya merupakan hutan Mangrove yang menjadi pelindung garis pantai yang memang diperlukan,” ujarnya.

“Topografi pesisir Muara gembong yang landai serta adanya okupasi dan perambahan oleh masyarakat menyebabkan tingginya frekuensi banjir pasang (Rob). Akibatnya desa Pantai Bakti dan Pantai Bahagia menjadi wilayah yang paling luas tertutup genangan,” jelasnya kembali.

Iwan Ridwan juga menutup percakapannya dengan menghimbau kepada Camat Muara gembong, Kepala Desa Pantai Bahagia dan warga masyarakat untuk dapat ikut serta dalam proses penanaman, menjaga dan memanfaatkan mangrove  ini dengan baik dengan turut serta menjaga kelestarian dan keasriannya dalam memanfaatkan sebagai nilai tambah peningkatan perekonomian masyarakat melalui pengembangan destinasi wisata berbasis lingkungan.

“Program Tjslp/CSR telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kabupaten Bekasi, kami mendorong kepada perusahaan untuk bisa terus membangun sinergi dan koordinasi bersama Pemerintah Daerah melalui tim fasilitasi Tjslp/CSR Kabupaten Bekasi”. harapnya.

Manajemen PT Sugity Creatives dalam sambutannya oleh Toshimitsu Adachi selaku Presiden Direktur menjelaskan, melalui Pemerintahan Daerah Kab Bekasi, kami menyalurkan CSR demi memberi manfaat kepada masyarakat Kab Bekasi, karena penanaman / penghijauan ini pun akan terus berkelanjutan.

“Semoga yang kami lakukan ini bisa menjadi manfaat dan juga kebaikan bagi perbaikan ekologi dan ekonomi masyarakat setempat,” ucapnya.

Kegiatan penanaman ini pun dihadiri oleh Perwakilan Kepala Dinas LHK, Bapedda, Camat, Kapolsek Muara Gembong, Pokdarwis, dan para tokoh masyarakat setempat.

Hadir dalam undangan tersebut (NGO) dari Forum Pecinta Alam Kawasan Industri (FPAKI) bersama Koalisi Kawali Indonesia Lestari DPW Jawa Barat.

Redaksi || BA

Showing 1 of 1
Exit mobile version