Berantas Benalu dan Penyakit Organisasi adalah Tugas Pemimpin

0
Showing 2 of 2

Kejutan-kejutan kecil tidak akan mempan untuk membuatnya sadar. Untuk pemimpin yang sudah mati rasa jenis ini, maka kejutan besar untuk menyadarkannya harus segera dilakukan, dengan memberhentikannya dengan tidak hormat. Walaupun berbagai perlawanan masih dilakukan oleh gerombolan pemimpin yang jumawa ini, tapi apalah artinya dia, jika dia sudah kehilangan jabatan, dengan tangan diborgol, ditahan di balik jeruji besi. Pada saat itulah dia baru sadar akan dirinya, bahwa dia bukanlah siapa-siapa dan bukan apa-apa. Inilah yang disebut dengan kejutan besar, yang bisa menyadarkan pemimpin mabuk agar tidak mabuk lagi.

Pemimpin itu harus tegas, tanpa ketegasan, pemimpin akan selalu dibuat ragu dan diombang-ambing oleh gerombolan pemimpin-pemimpin kecil yang sering menindas rakyat/ anggotanya di balik layar. Pemimpin ibarat matahari (surya), yang sinarnya bisa memberikan energi kehidupan, dan juga bisa membakar mereka yang tidak mengikuti aturan.

Ujian seorang pemimpin adalah ketegasannya dalam memberantas benalu dan penyakit yang menggerogoti tubuh organisasi. Benalu dan penyakit akan terus menyebar dan bergerombol untuk mengisap dan menyengsarakan organisasi.

Seperti pohon kayu yang kuat akan menjadi lemah dan sakit, jika benalu dan penyakitnya tidak diberantas. Gerombolan benalu dan penyakit itu bukan pemimpin asli. Dia adalah pemimpin mabuk yang berkedok bijaksana dan pura-pura menghidupkan organisasi, kenyataannya dia adalah pemimpin palsu yang menyengsarakan. Tugas pemimpin sebagai matahari adalah tegas memberantas benalu dan penyakit dalam organisasi, agar organisasi bisa hidup, tumbuh dan berkembang, berguna bagi masyarakat luas.

Source:

Showing 2 of 2
Exit mobile version