Malala Yousafzai Kunjungi Pakistan, 10 Tahun Upaya Pembunuhan oleh Taliban

0
Showing 2 of 2

Taliban Pakistan, yang dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), melancarkan pemberontakan selama bertahun-tahun di sana yang berakhir dengan tindakan keras militer besar-besaran pada tahun 2014.

Tapi telah terjadi kebangkitan dalam kerusuhan sejak Taliban Afghanistan kembali berkuasa di Kabul tahun lalu.

TTP telah mengklaim puluhan serangan dalam beberapa pekan terakhir, sebagian besar terhadap pasukan keamanan dan tetua anti-Taliban.

“Kami lelah dan tidak bisa lagi membawa mayat,” kata Muhammad Ali Shah, mantan Wali Kota Swat.

“Adalah tanggung jawab negara untuk melindungi warganya dan memberi mereka keamanan, tetapi sikap diam pemerintah atas semua insiden ini adalah tindakan kriminal,” tegasnya.

Lebih dari 5.000 orang memblokir jalan utama melalui Mingora, dipicu oleh serangan terbaru terhadap bus sekolah pada hari Senin, di mana pengemudi tewas dan seorang anak laki-laki berusia 10 atau 11 tahun terluka.

TTP telah membantah bertanggung jawab dan polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki motifnya.

Siswa dan guru keluar dari sekolah – termasuk sekolah yang dihadiri oleh Yousafzai yang didirikan ayahnya – untuk menyerukan perdamaian.

“Protes kami akan berlanjut sampai penangkapan para pembunuh, kami tidak akan bangkit dari sini sampai pejabat tinggi pemerintah meyakinkan kami akan keadilan dan diakhirinya militansi,” pungkas dokter Amjad Ali.

Source:

Showing 2 of 2
Exit mobile version