Mematikan Perangkat Elektronik Ketika Hujan Petir, Wajibkah?

0
Showing 2 of 2

Menurut John Jensenius, spesialis keamanan petir untuk National Weather Service, listrik dari sambaran petir bisa mengalir melalui pipa dan air, lalu bisa menyetrum kita, lho! John menyebut bahwa air bisa menghantarkan listrik. “Jauhi hal-hal yang menghantarkan listrik di dalam rumah, termasuk kabel dan pipa,” terang John.

4. Hindari menggunakan perangkat elektronik ini karena berpotensi menimbulkan bahaya

Inilah yang terpenting. Hindari menggunakan atau menyentuh perangkat elektronik yang berkabel, seperti pemanggang roti, blender, atau mixer. Ini berlaku juga untuk komputer, televisi, serta telepon rumah.

John melanjutkan, perangkat elektronik yang dicolokkan ke dinding atau terkoneksi ke pipa (seperti mesin pencuci piring) berpotensi berbahaya, karena petir bisa menyambar hingga jarak 10 mil (atau 16 km), lho! 

Nah, Kalau kamu sudah mendengar suara petir, segera hentikan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan listrik, sampai cuaca mereda.

5. Biasakan lakukan ini saat hujan badai berlangsung

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menegaskan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat hujan dengan petir berlangsung. Pertama, segera berlindung di dalam rumah. Meskipun, hal ini tidak sepenuhnya aman karena sepertiga dari cedera akibat sambaran petir terjadi di dalam ruangan.

Kedua, hindari perangkat elektronik, seperti komputer, laptop, mesin cuci, mesin pengering, telepon berkabel, dan lainnya yang terhubung dengan stopkontak listrik. Lengkapi rumah dengan pelindung lonjakan arus seluruh rumah dan jangan gunakan telepon seluler selama hujan petir.

Ketiga, hindari diri dari jendela, pintu, beranda, dan beton. Saat hujan petir, jangan berbaring di lantai beton atau bersandar di dinding beton karena berpotensi berbahaya ya.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya mematikan perangkat elektronik saat hujan petir berlangsung. Tetap berhati-hati, ya.

Source:

Showing 2 of 2
Exit mobile version