Tindakan Tegas Iran Setelah Protes Terbesar dalam Beberapa Tahun

info ruang publik – Iran harus menangani secara tegas protes yang melanda negara itu setelah kematian seorang wanita dalam tahanan yang ditahan oleh polisi moral Republik Islam, kata Presiden Ebrahim Raisi, Sabtu.

Sedikitnya 41 orang tewas dalam kerusuhan selama seminggu, kata televisi pemerintah, Sabtu. Dikatakan bahwa jumlah korban didasarkan pada hitungannya sendiri dan angka resmi belum dirilis. Protes meletus di sebagian besar dari 31 provinsi di negara itu.

Media pemerintah mengutip Raisi pada hari Sabtu yang mengatakan Iran harus “menangani dengan tegas mereka yang menentang keamanan dan ketenangan negara.”

Raisi berbicara melalui telepon kepada keluarga seorang anggota pasukan sukarelawan Basij yang terbunuh saat mengambil bagian dalam tindakan keras terhadap kerusuhan di kota timur laut Mashhad.

Presiden “menekankan perlunya membedakan antara protes, mengganggu ketertiban umum dan keamanan, dia menyebut peristiwa itu adalah kerusuhan,” lapor media pemerintah.

Protes pecah di barat laut Iran seminggu yang lalu di pemakaman Mahsa Amini, seorang wanita Kurdi berusia 22 tahun yang meninggal setelah mengalami koma setelah penahanannya di Teheran oleh polisi moral yang menegakkan aturan jilbab pada pakaian wanita.

Kematiannya telah menyalakan kembali kemarahan atas berbagai masalah termasuk pembatasan kebebasan pribadi di Iran, aturan berpakaian yang ketat untuk wanita, dan ekonomi yang terguncang akibat sanksi.

Perempuan telah memainkan peran penting dalam protes, melambaikan dan membakar cadar mereka. Beberapa telah secara terbuka memotong rambut mereka ketika orang banyak yang marah menyerukan jatuhnya Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

1 2 3 4
Exit mobile version