Analisis Litbang: Agus Yudhoyono Berpasangan Anies

0
Showing 5 of 5

Pada sisi lain, ketertarikan publik terhadap kehadiran sosok Ridwan Kamil yang disandingkan dengan Anies Baswedan, pun terbilang besar. Sebanyak 41,4 persen responden menyatakan “sangat berminat” dan “berminat” pada pasangan ini.

Sementara, terhadap pasangan Anies Baswedan-Agus Yudhoyono, hasil survei menunjukkan, sebanyak 36,2 persen saja yang “sangat berminat” dan “berminat” memilih pasangan Anies Baswedan-Agus Yudhoyono.

Dihadapkan pada posisi keterpilihan yang kurang kompetitif semacam ini, tiada pilihan lain bagi Agus Yudhoyono untuk meningkatkan lebih besar posisi tawar politiknya. Bersandar pada kalkulasi survei opini publik, ruang peningkatan preferensi pada sosok Agus Yudhoyono saat disandingkan dengan Anies Baswedan masih terbuka. Setidaknya, masih terdapat sebesar 21,2 persen responden yang belum menyatakan sikap atau belum tahu terhadap pasangan ini.

Dengan memanfaatkan momen yang tersedia dan konsolidasi kekuatan selepas Rapimnas Demokrat kali ini, bukan mustahil perubahan opini dan preferensi publik terjadi. Hanya persoalannya, strategi politik seperti apa yang kali ini patut dipertimbangkan Agus Yudhoyono guna menjaminkan peningkatan dukungan publik?

Source:

Showing 5 of 5
Exit mobile version