Analisis Litbang: Agus Yudhoyono Berpasangan Anies

0
Showing 3 of 5

Hasil survei menunjukkan, pasangan Anies Baswedan dan Agus Yudhoyono menjadi daya tarik bagi sebagian besar pemilih Demokrat dan PKS. Namun sejauh ini tidak menjadi daya tarik terbesar bagi para pemilih Nasdem untuk memilihnya.

Bagi pemilih Demokrat, tidak kurang sebanyak 57,9 persen yang mengaku “sangat berminat” dan “berminat” memilih pasangan Anies Baswedan dan Agus Yudhoyono (AHY). Tidak berbeda jauh, tercatat sebesar 56,9 persen pada para pemilih PKS. Pada kedua pemilih partai tersebut, hanya sekitar sepertiga pemilihnya yang “sangat tidak berminat” dan “tidak berminat” pada pasangan tersebut.

Relatif samanya preferensi pilihan para pemilih Demokrat dan PKS menjadi modal positif yang meringankan langkah Demokrat dalam membangun koalisi politik bersama PKS. Setidaknya, kesamaan rujukan pemilih kedua partai tersebut terhadap pasangan Anies Baswedan dan Agus Yudhoyono mempersempit ruang perbedaan orientasi kedua partai.

Namun, bagi para pemilih Nasdem, justru terjadi sebaliknya. Pasangan Anies Baswedan dan Agus Yudhoyono hanya diminati 36,6 persen responden, dan sebaliknya sebanyak 41,6 persen menyatakan “sangat tidak berminat” dan “tidak berminat”. Dengan kecenderungan semacam ini, preferensi pemilih Nasdem justru lebih dekat dengan preferensi pemilih partai-partai politik lainnya, selain Demokrat dan PKS.

Showing 3 of 5
Exit mobile version