Protes Keras Berkobar di Haiti atas Kenaikan Harga BBM, Kejahatan yang Merajalela

0
Showing 1 of 2

Protes Keras Berkobar di Haiti atas Kenaikan Harga BBM, Kejahatan yang Merajalela

info ruang publik – Penduduk ibukota Haiti Port-au-Prince berlindung di rumah pada Selasa ketika tembakan senjata meletus, penghalang jalan dan ban yang terbakar ditempatkan di sepanjang jalan-jalan kota dan pengunjuk rasa melemparkan batu sebagai tanggapan marah. untuk mengharapkan kenaikan harga bahan bakar baru dan kejahatan.

Demonstrasi terbaru datang ketika inflasi melonjak ke level tertinggi dalam satu dekade, kekerasan geng kronis telah meninggalkan sebagian besar wilayah Haiti di luar jangkauan pemerintah, dan pecahnya pertempuran berdarah antara geng-geng saingan telah menyebabkan ratusan orang tewas dan ribuan mengungsi.

Awal tahun ajaran telah ditunda satu bulan hingga Oktober karena orang tua berjuang untuk memenuhi kebutuhan, dan kehidupan sehari-hari bagi warga Haiti yang tak terhitung jumlahnya diselingi oleh pencarian bahan bakar yang tampaknya tak ada habisnya. Sementara itu, biaya transit melonjak, demikian juga harga berbagai bahan makanan pokok.

Warga Haiti sekarang bersiap untuk kenaikan harga bahan bakar, setelah pidato Perdana Menteri Ariel Henry pada Minggu, di tengah meningkatnya kelangkaan bensin dan solar yang dapat memaksa beberapa bisnis tutup.

“Apakah kita merasa normal bahwa negara mencoba untuk membuat program sosial namun hanya mampu memobilisasi 3 miliar labu ($ 26,1 juta) sementara kami menghabiskan lebih dari 50 miliar labu ($ 434,8 juta) untuk mensubsidi bahan bakar bagi mereka yang mampu membayar. dengan harga normal,” kata Henry.

“Kita harus menyesuaikan harga bahan bakar,” ia memperingatkan.

Showing 1 of 2
Exit mobile version