Anies Baswedan Siap Jadi Capres 2024

0
Showing 1 of 2

Anies Baswedan Siap Jadi Capres 2024

info ruang publik – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dia “siap” untuk mencalonkan diri sebagai presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia pada 2024, meskipun belum mendapatkan dukungan dari partai politik mana pun.

Dengan masa jabatan lima tahunnya sebagai gubernur yang akan berakhir bulan depan, Anies Baswedan, 53, telah muncul dalam jajak pendapat independen sebagai salah satu tokoh teratas yang diperkirakan akan bertarung dalam pemilihan presiden pada Februari 2024.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura, menambahkan bahwa tidak menjadi anggota partai memungkinkan dia “membuka ruang untuk berkomunikasi dengan semua faksi”.

“Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,” kata Anies, mantan Menteri Pendidikan dan Rektor Universitas.

Kandidat potensial populer lainnya termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang mencalonkan diri dua kali sebelumnya, tetapi tidak berhasil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seorang politisi yang sedang naik daun di partai yang berkuasa. Petahana Joko Widodo telah mencapai batas dua masa jabatannya dan tidak dapat mencalonkan diri lagi.

Analis mengatakan Anies kemungkinan akan menjadi yang terdepan mengingat popularitasnya di salah satu kota terbesar di Asia Tenggara, posisi yang sering dianggap sebagai batu loncatan menuju kursi kepresidenan. Jokowi adalah gubernur kota selama dua tahun sebelum memenangkan jabatan puncak pada tahun 2014.

Showing 1 of 2
Exit mobile version