Prioritas PPPK Hanya Bagi Honorer yang Lulus 2021

0
Showing 2 of 2

“Pemerintah memastikan seleksi diselenggarakan secara transparan dan ketat demi mendapatkan ASN berkualitas dan berintegritas,” kata Nunuk.

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas pada Selasa (13/9) menjelaskan, penetapan formasi ASN PPPK tahun ini memprioritaskan pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan. Penataan tenaga honorer juga menjadi pertimbangan dalam menetapkan formasi.

Dari 530.028 formasi PPPK, 90.690 di antaranya untuk instansi pusat dan 439.338 untuk daerah. Rincian kebutuhan daerah adalah 319.716 formasi PPPK Guru, 92.014 formasi Tenaga Kesehatan, serta 27.608 formasi Tenaga Teknis.

Anas tak menyebutkan kapan proses seleksi PPPK ini akan dimulai. Namun, untuk tenaga kesehatan akan digelar akhir September 2022 ini.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen mengatakan, tes seleksi ASN PPPK tahun ini tetap menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pihaknya pun telah menyiapkan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang harus dijawab para pelamar saat tes.

“Soal yang tersedia dan telah diterima BKN ada 4.750 soal SKD CASN,” kata Suharmen dalam siaran pers Kemenpan-RB, Rabu (14/9). Ribuan soal itu terdiri atas soal seleksi kompetensi PPPK, soal manajerial, soal sosial kultural, serta soal wawancara.

Suherman juga memastikan celah kecurangan dalam tes CASN Tahun 2021 telah berhasil ditutup. Dengan begitu, tak ada lagi celah bagi peserta yang ingin berbuat culas.

Source:

Showing 2 of 2
Exit mobile version