Jalur SNMPTN di Ubah Jadi Seleksi Nasional Prestasi

0
Showing 4 of 4

“Di sini ada keseimbangan antara harus mendapat nilai baik rapor secara keseluruhan dan bobot sama besar dengan nilai rapor adalah area fokus atau spesialitas minat dan bakat siswa,” ucapnya.

Pada kesempatan sama, Nadiem menegaskan agar bisa sukses jalur seleksi nasional prestasi, maka peserta didik harus menyadari semua mata pelajaran penting. Dengan begitu, mereka akan fokus untuk belajar secara menyeluruh.

“Saya rasa banyak sekali guru-guru akan sangat senang dengan ini, karena banyak sekali guru-guru tingkat SMA yang mungkin sudah melihat anaknya sudah demotivasi di beberapa mata pelajaran tentu dan fokus hanya area-area yang berhubungan dengan prodinya,” ucapnya.

Menurut Nadiem, perubahan jalur ini memberikan kesempatan para siswa untuk menggali minat dan bakat secara tekun, memberikan insentif untuk meningkatkan, dan mengeksplorasi pilihan prodi yang sesuai dengan minat dan bakat.

“Juga ini meningkatkan transparansi, kalau anak itu ingin mengetahui komponen penilaian untuk masing-masing prodi di masing-masing perguruan tinggi. Ini bisa secara transparan dan bisa dicari. Anak tersebut bisa melakukan perencanaan yang lebih matang,” papar Nadiem.

Ia juga mengingatkan perlu dukungan orang tua dan guru agar peserta didik dapat berprestasi dan memilih prodi sesuai dengan minat dan bakat sangat penting untuk menyukseskan jalur seleksi prestasi.

Source:

Showing 4 of 4
Exit mobile version