Posisi Mahasiswa Dalam Menyambut Pesta Demokrasi 2024, Akbar Khadafi: Pesta Konflik!

0
Showing 2 of 3
Dosen Universitas Muhammadiyah Sorong sekaligus Staff Ketua Komite I DPD RI dan Sekretaris Pembina Kornas LSPI, DR (C) Muliansyah Abdurrahman SSos MSi

Hadir pula dalam kesempatan itu Dosen Universitas Muhammadiyah Sorong sekaligus Staff Ketua Komite I DPD RI dan Sekretaris Pembina Kornas LSPI, DR (C) Muliansyah Abdurrahman SSos MSi.

Dalam materinya Muliansyah mengungkapkan tentang grafik partisipasi masyarakat dalam Pemilu selama ini.

“Tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum merupakan hal yang perlu untuk diperhatikan, karena rendah atau tingginya suatu partisipasi merupakan sinyal dan indikator penting terhadap jalannya proses demokasi dan perwujudan dari kedaulatan rakyat. Makin tinggi tingkat partisipasi politik mengindikasikan bahwa rakyat mengikuti dan memahami serta melibatkan diri dalam kegiatan kenegaraan. Sebaliknya tingkat partisipasi politik yang rendah pada umumnya mengindikasikan bahwa rakyat kurang menaruh apresiasi atau minat terhadap masalah dan kegiatan kenegaraan,” papar pria Halmahera ini.

“Salah satu faktor yang dapat mendorong tinggi atau rendahnya partisipasi politik dari masyarakat adalah intensi memilih. Intensi atau niat memilih menjadi penting karena dapat mempengaruhi individu untuk ikut berpartisipasi politik,” tutur analis politik ini dalam presentasinya.

H Wahab Habieby selaku Komisioner KPU Kabupaten Bekasi pun hadir dengan memberikan hadiah pulsa kuota internet gratis kepada peserta yang hadir dan beruntung dalam kesempatan itu.

Showing 2 of 3
Exit mobile version