Penjelasan: Serangan Rushdie menunjukkan dampak abadi dari fatwa

0
Showing 1 of 3

Penjelasan: Serangan Rushdie menunjukkan dampak abadi dari fatwa

info ruang publik – 16 Agustus (Reuters) – Fatwa 1989 yang dijatuhkan oleh mendiang Ayatollah Ruhollah Khomeini Iran pada Salman Rushdie untuk novelnya “Ayat-Ayat Setan” telah menghantui banyak novelis dan pemikir liberal yang tulisannya juga dianggap menghina Islam dan Nabi Muhammad.

Upaya terhadap kehidupan Rushdie di New York pada hari Jumat bukanlah insiden yang terisolasi. Para novelis, akademisi, dan jurnalis khususnya di Timur Tengah  yang berani mengkritik atau mempertanyakan keyakinan Islam menghadapi ancaman atau kecaman serupa dari para tokoh agama.

Mereka dibunuh, ditangkap, dicambuk atau dipaksa bersembunyi atau diasingkan. Buku-buku mereka dilarang dan dikecam sebagai penghujatan oleh lembaga keagamaan yang didanai oleh pemerintah Barat yang dianggap sebagai sekutu dan pendukung Islam moderat seperti Pakistan, Mesir, Yordania dan Arab Saudi.

Dalam beberapa tahun terakhir militan Muslim bawah tanah dan pengkhotbah dan pemimpin jihad telah menggunakan media sosial untuk menghasut Muslim di seluruh dunia untuk membunuh orang-orang yang mereka katakan merendahkan Islam dan Nabi.

APA ITU FATWA DAN SIAPA YANG MENGELUARKANNYA?

Fatwa adalah keputusan hukum tentang poin hukum Islam atau pendapat yang diberikan oleh pemuka agama Islam, otoritas agama atau dewan ulama yang memenuhi syarat. Ini dapat mengatasi berbagai masalah – termasuk individu.

Fatwa yang menyerukan kematian seseorang dapat diajukan terhadap mereka yang dianggap telah menghina Islam atau Nabi.

APAKAH FATWAS TERBATAS WAKTU?

Fatwa tidak hilang seiring waktu dan jarang dibatalkan.

Showing 1 of 3
Exit mobile version