Arah Parpol Nonparlemen Jelang 2024: Antara Verifikasi & Koalisi

0
Showing 1 of 4
Pemilu Serentak 2024

Arah Parpol Nonparlemen Jelang 2024: Antara Verifikasi & Koalisi

Apabila parpol nonparlemen bersatu dan solid, pasti akan banyak bakal capres atau koalisi partai yang akan mendekati mereka.

info ruang publik – Mendekati Pemilu 2024, sejumlah partai nonparlemen berusaha membangun langkah strategis. Salah satunya dengan membangun koalisi. Ada tujuh partai nonparlemen yang disebut sudah berupaya membentuk poros, yaitu: Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

Upaya tersebut ditandai dengan sebuah acara makan malam pada 10 Juni 2022 di kawasan Jakarta Selatan. Namun sayang, pertemuan itu masih belum menentukan progres perjalanan mereka ke depannya. Tidak ada hal strategis yang diperbincangkan, kecuali mereka memiliki nasib yang sama, terhalang kursi parlemen dan aturan presidential threshold.

Wakil Ketua Umum Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menerangkan, pertemuan tersebut terlaksana atas inisiasi pihaknya. Meski demikian, tidak ada harapan bahwa mereka sering bertemu akan menjadi ajang koalisi.

“Kami membangun komunikasi politik dengan semua parpol baik di parlemen maupun nonparlemen,” kata Ferry pada Kamis (4/8/2022).

“Adapun dengan parpol nonparlemen, kami cukup intens melakukan pertemuan dan kebetulan kami dari Partai Perindo yang menginisiasi,” imbuhnya.

Sebagai pihak inisiator pertemuan partai nonparlemen, kata dia, Perindo tidak ingin mengikat partai lainnya. Tidak ada kesepakatan mereka dalam proses menjalankan Pemilu 2024, termasuk dalam hal koalisi.

“Kemungkinan apa pun masih bisa terjadi, karena saat ini masih cair, proses elektoral ada dan masih lama. Namun komunikasi politik terus dibangun dan komunikasi masih terus berjalan,” ujarnya.

Showing 1 of 4
Exit mobile version