Melirik Tren ‘Jualan’ Pengembang Ajukan Akses Gerbang Jalan Tol

0
Showing 5 of 8

“Developers mana bisa mendikte masuk ke perumahan atau tidak. Kita memohon boleh, tetapi kan kalau pengembangannya tidak terlalu besar manfaatnya tidak seberapa,” ucapnya.

Direktur Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit berpendapat memang menjadi sebuah keuntungan bagi pengembang apabila proyek garapan berada langsung dari pintu tol. Adapun harga properti bila terletak di pintu jalan tol langsung bisa meningkat 10 persen hingga 20 persen setiap tahunnya.

Pengembang pun bisa mengajukan permohonan izin kepada pemerintah untuk membangun akses pintu jalan tol dimana pembiayaannya ini berasal dari para pengembang

“Nah pengembang membiayai jalan masuk dari pintu tol sampai dengan lokasi, sedangkan gardu tol dan perlengkapannya dibayai oleh BUJT,” ujarnya.

Kendati demikian, memang tidak semua kawasan perumahan dapat diberikan izin akses pintu jalan tol. Hal itu tergantung hitungan kelayakan akses dari dan menuju ke sebuah kawasan.

Terlebih, dari sisi pembebasan lahan dan pembangunan jalan akses ini membutuhkan biaya yang tak sedikit sehingga harus memenuhi kelayakan apabila suatu perumahan memiliki akses jalan tol. “Jadi semuanya harus matang hitung-hitungan bisnisnya. Kalau salah hitung pengembang juga bisa mengalami kerugian,” katanya.

Akses Pintu Tol Kawasan Perumahan
Ruas Jalan TOl KM (kilometer) Akses Menuju
Jalan Tol Jakarta – Cikampek 21 Perumahan Grand Wisata, Bekasi milik Sinarmas Land
Jalan Tol Jakarta – Cikampek   37 Kota mandiri Delta Mas di Cikarang Timur
Jalan Tol Jakarta – Cikampek 34 kawasan Orange County Lippo CBD Luxury Development milik Lippo Group
Jalan Tol Jakarta – Cikampek  14 Gerbang Tol Bekasi Barat 3 Grand Metropolitan Mall
Jalan Tol Jakarta – Tangerang 15 Perumahan Alam Sutera milik PT Alam Sutera Realty
Jalan Tol Jakarta – Tangerang 21 Karawaci Barat yang terhubung langsung dengan Kawasan Lippo Village milik Lippo Group
Jalan Tol Jakarta – Tangerang 18 Kawasan Paramount Land Gading Serpong milik Grup Paramount Enterprise International
Jalan Tol Jakarta – Tangerang 18 Kawasan Summarecon Serpong milik Grup Summarecon Agung
Jalan Tol Jakarta – Serpong 4 Gerbang Tol Pondok Ranji yang memiliki akses langsung menuju Kawasan Perumahan Bintaro

Menurut Panangian, prospek pengembangan kawasan di koridor jalan tol dinilai sangat menjanjikan lantaran salah satu aspek kunci pemilihan properti baik untuk investasi maupun untuk tempat tinggal pribadi adalah faktor lokasi yang strategis. Meskipun demikian, pengembangan kawasan di koridor jalan tol juga harus dilihat dari keterjangkauan ke lokasi tersebut apakah sudah cukup strategis atau belum.

Showing 5 of 8
Exit mobile version