Melirik Tren ‘Jualan’ Pengembang Ajukan Akses Gerbang Jalan Tol

0
Showing 3 of 8

Di BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sinar Mas Land melalui anak perusahaan PT Trans Bumi Serbaraja menjadi pemrakarsa dibangunnya Tol Serpong – Balaraja (Serbaraja) sepanjang 40 kilometer. Karena bersifat prakarsa, seluruh pendanaan pembangunan dan konstruksinya berasal dari Sinar Mas Land. Jalan bebas hambatan berbayar ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan estimasi nilai investasi sebesar Rp14,37 triliun.

Tol Serbaraja ini terbagi dalam tiga seksi pengembangan. Seksi I Serpong – Legok sepanjang 9,8 kilometer, seksi II Legok – Pasir Barat sepanjang11,5 kilometer, dan seksi III Pasir Barat – Balaraja dengan panjang 18,6 kilometer. Saat ini Tol Serpong – Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15 kilometer telah selesai konstruksi dan juga  tuntas melaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) serta tengah menunggu beroperasi.

Direncanakan tol ini memiliki 8 Simpang Susun (SS) yang bisa menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja yakni SS CBD BSD City, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa. Gerbang Tol (GT) Serbaraja Seksi 1A akan berlokasi tepat di sisi AEON Mall.

GT ini akan terkoneksi dengan Stasiun Cisauk yang berada di kawasan Intermoda BSD City. Area ini merupakan Transit Oriented Development (TOD) yang menghubungkan beberapa layanan transportasi publik seperti shuttle bus BSD Link dan commuter line melalui Stasiun Cisauk. Kehadiran tol tersebut diharapkan dapat memudahkan mobilisasi warga BSD City dan sekitarnya. Selain itu, membantu pertumbuhan sejumlah daerah urban di Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten serta Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat.

Lalu, kota mandiri baru Paramount Petals besutan Paramount Land di Curug Tangerang yang luasnya 400 hektare juga akan memiliki akses pintu jalan tol langsung. Pembangunan akses tol langsung menuju Paramount Petals melalui KM 26 Tol Tangerang – Merak diperkirakan bakal tuntas pada 2025 mendatang.

Presiden Direktur PT Paramount Enterprise International Ervan Adi Nugroho mengatakan akses jalan tol ini akan mulai dibangun pada tahun depan mendatang. PT Paramount Enterprise International (Paramount Land) dan PT Jasamarga Related Business (JMRB) menandatangani perjanjian joint operation dalam pengembangan kawasan properti di Paramount Petals pada Kamis (21/7/2022).

Sebelumnya di tahun 2021, PT Paramount Enterprise International (Paramount Land) dan PT Jasamarga Related Business telah melakukan Nota Kesepahaman (MoU) untuk kerja sama mengembangkan properti di kawasan Toll Corridor Development (TCD) di Jalan Tol Jakarta – Tangerang, yaitu di Paramount Petals.

Pembangunan akses jalan itu akan semakin meningkatkan konektivitas, traffic, serta mengangkat potensi ekonomi/bisnis masyarakat di Paramount Petals dan sekitarnya.

Showing 3 of 8
Exit mobile version