Suzuki Sebut City Car 4 Penumpang Potensial, S-Presso Mau Meluncur?

info ruang publik – Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan pada Selasa (19/7) bahwa city car ‘2 baris atau 4 penumpang’ masih punya potensi di Indonesia. Pernyataan ini diduga menjadi isyarat peluncuran ‘mobil murah’ S-Presso sebagai pengganti Karimun Wagon R.

Suzuki menyebut pasar city car berpotensi lantaran data retail Gaikindo pada 2018 hingga 2021 menunjukkan penjualannya ‘cukup stabil’.

Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra mengatakan mobil jenis city car cocok untuk kondisi lalu lintas padat serta perkotaan yang kecil dan sempit. Kepraktisan lain mobil ini karena dimensinya yang ringkas sehingga mempermudah mencari parkir.

Lalu kata dia city car punya fitur cukup lengkap sehingga bisa ditujukan untuk anak muda, keluarga muda sampai konsumen yang baru pertama kali membeli mobil.

Dikatakan juga city car dibungkus didesain sporty dan trendy sehingga membuatnya dapat menjadi mobil ‘value for money’.

“Sebagai salah satu produsen mobil, baik jenis komersial maupun penumpang, kami melihat city car sebagai salah satu segmen pasar yang masih bisa dikembangkan,” kata Donny dalam keterangan resminya.

“Potensi ini akan kami optimalkan dengan menghadirkan lebih banyak pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan beragam lapisan masyarakat sehingga dapat terus mendukung perekonomian dan industri otomotif,” ujar dia lagi.

Pernyataan Donny ini diduga merujuk ke peluncuran S-Presso, city car yang lahir di India pada 2019 sebagai salah satu mobil termurah Suzuki di sana. Saat awal meluncur harga varian terendah S-Presso di India setara Rp75 juta.

Tanda-tanda S-Presso ingin diluncurkan di Indonesia dimulai ketika permohonan patennya muncul di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian pada Juni mobil ini juga terlihat dalam foto sedang diangkut di truk di Jakarta Utara yang menandakan proses distribusinya sudah dimulai.

“Sebentar lagi kami infokan untuk produk baru,” kata Donny Saputra di Malang, Senin (20/6), saat ditanya soal foto penampakan S-Presso.

S-Presso kemungkinan bakal menjadi mobil termurah Suzuki di Indonesia untuk menggantikan Karimun Wagon R yang sudah tak dijual di dalam negeri sejak produksi domestiknya dihentikan pada 2020.

Bila dijual S-Presso mengisi tempat di bawah Ignis yang sekarang dijual paling murah Rp207,2 juta.

Exit mobile version