Hingga kini, sepekan setelah kejadian, Sambo belum dinonaktifkan oleh Polri. Alasan penonaktifan ini, menurut Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, karena Sambo adalah saksi kunci peristiwa dan agar diperoleh kejelasan motif dari si penembak.

Polisi Telah Jujur?

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membentuk tim gabungan guna mengusut kasus ini. Lima jenderal ‘turun gunung’ untuk membuat terang perkara. Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berperan sebagai pengawas tim, sementara Irwasum Komjen Pol Agung Budi Maryoto akan mengetuai tim, lalu diisi oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, dan Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Wahyu Widada.

Nantinya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komnas HAM juga berperan menelusuri perkara. Semua dilakukan agar membuat terang kasus ini dan menghindari isu-isu liar, kata Kapolri Sigit.

Perihal Sambo yang belum dinonaktifkan, pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menyatakan, semua kembali kepada keputusan si jenderal bintang empat.

“Pengangkatan maupun penonaktifan anggota kepolisian adalah prerogatif Kapolri,” ucap dia saat dihubungi reporter Tirto, Jumat, 15 Juli 2022.

Sebagai informasi, Sambo adalah orang nomor satu dalam penegakan aturan internal Polri, dan dalam insiden ini ia adalah orang paling dekat terkait insiden.

1 2 3 4
Exit mobile version