Pemkab Bangkalan Rencanakan Bangun IISP di Kaki Suramadu

0
Showing 1 of 1

Pemkab Bangkalan Rencanakan Bangun IISP di Kaki Suramadu

info ruang publik – Pembangunan Indonesia Islamic Saint Park (IISP) akan membantu mendorong sentra industri kecil menengah (IKM). Sebab bangunan tersebut diperkirakan berada di sekitar Lapangan Desa Petapan, Kecamatan Labang. Yakni, akses menuju jembatan Suramadu. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangkalan, Eko Mudjiono, Minggu (17/4/2022).

Menurutnya, unsur pengembangan IISP nantinya juga akan menyiapkan industri khusus produk lokal. Hanya saja, hingga saat ini belum diketahui pasti jadwal pelaksanaan pembangunan gedung tersebut. Namun dipastikan, lokasi pembangunan akan direalisasikan di kaki jembatan Suramadu sisi Madura. “Jadi lokasinya sudah siap, untuk pelaksanaannya yang belum ditentukan,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, sesuai keterangan dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, IISP akan membawa konsep wisata dan industri halal. Sehingga berbagai macam produk lokal juga akan dijual di gedung tersebut. “Konsep besarnya memang wisata dan industri, tetapi ini juga akan menghidupkan sektor lain di sekitar lokasi IISP,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Bangkalan, Salman Hidayat menuturkan, pembangunan IISP tidak ada sangkut pautnya dengan pembangunan sentra IKM di Bangkalan. Sebab, IISP itu merupakan proyek pembangunan nasional.

“Kami belum tahu pasti, tetapi yang jelas itu berbeda dengan IKM. Hanya saja, akan mendorong perkembangan IKM. Karena banyak dikunjungi para wisatawan, apalagi IISP berskala internasional. Kalau merugikan jelas tidak, kalau saling mendukung mungkin bisa ,” responnya.

Salman juga mengaku, belum mendapatkan informasi koordinasi yang jelas mengenai pembangunan IISP di kawasan Suramadu. Sebab masih belum membicarakan secara teknis lebih jelas. “Nanti kami juga akan berkoordinasi, mengingat jaraknya memang cukup berdekatan,” tegasnya.

Showing 1 of 1
Exit mobile version