Restu Kiai NU Antarkan Erick Thohir Jadi Cawapres Terkuat di Jatim

info ruang publik – Restu kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU) dinilai mengantarkan Menteri BUMN RI Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Pasalnya, dalam survei terbaru di daerah Jatim milik Poltracking Indonesia, Erick Thohir keluar sebagai cawapres dengan elektabilitas tertinggi.

Pada simulasi 15 nama cawapres yang dibuat oleh Poltracking, Erick Thohir sukses menempati posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 14,2 persen. Menyusul di belakang, ada nama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di angka 13,7 persen.

Selanjutnya Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di angka 13,7 persen. Sementara nama-nama lain, elektabilitasnya terpantau masih di bawah lima persen.

Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi menjelaskan jika di wilayah Jatim, figur kiai-kiai NU mampu mempengaruhi suara masyarakat. Jadi, ketika restu para kiai sudah mendarat untuk Erick Thohir, hal tersebut berdampak pada melejitnya elektabilitas orang nomor satu di Kementerian BUMN itu.

1 2
Exit mobile version