5. Penyakit PMK ini bukan penyakit zoonosis. Artinya, penyakit ini hanya menular ke ternak dan tidak menular ke manusia. Manusia yang berada di sekitar hewan ternak yang terkena PMK, bahkan memegang ternak yang terifeksi PMK, insyaAllah tidak akan tertular PMK.

6. Manusia bisa tidak sengaja menularkan PMK dari ternak satu ke ternak lain lewat percikan air ludah (droplet), leleran lendir hidung, serpihan kulit, dll. yang menempel di tangan, pakaian, atau alat yg dipakai oleh manusia.

7. PMK disebabkan oleh virus dan virus itu denaturasi (rusak) pada suhu sekitar 70 derajat celsius. Maka produk peternakan (daging dan susu) yang sudah dimasak hingga matang, insya Allah aman dikonsumsi.

8. Untuk mencegah penyebaran PMK lebih lanjut, pemerintah saat ini hendaknya sangat membatasi mobilisasi ternak antar daerah, apalagi dari daerah dengan endemi PMK. Transportasi ternak keluar dari daerah endemi PMK hendaknya wajib disertai surat pengantar resmi SKKH (Surat Keterangan Sehat Hewan) dari Dinas Peternakan.

1 2 3 4
Exit mobile version