Selanjutnya, menurut Nanung, ada beberapa hal penting yang sebaiknya kita pahami terkait PMK ini. Sangat baik jika kita bisa memahaminya. Berikut adalah poin-poin paling penting terkait PMK.

1. Penyakit mulut dan kuku (PMK) disebabkan oleh virus tipe A (masuk Family Picornaviridae dari Genus Apthovirus, yaitu Aphtae epizooticae) yang sangat virulen (menular), tapi kurang mematikan. Angka kematian tercatat hanya 1-5 persen. PMK dahulu pernah jadi endemi di Indonesia pada 1887 di daerah Malang, Jawa Timur.

2. PMK menular dari ternak ke ternak dengan masa inkubasi 2-15 hari. Maka, jika di satu kandang ada ternak yang kena, maka ternak-ternak yang lain di sekitarnya berpotensi tertular.

3. PMK menyerang hewan ternak berkuku belah, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, unta, rusa, babi, dll. Di alam liar, virus PMK bisa menyerang: bison, rusa liar, antelope, llama, dll.

4. Ciri-ciri hewan ternak yang terkena PMK, di antaranya, nafsu makan hilang, tubuh lemah, kurang agresif, demam (suhu tubuh naik bisa sampai 41 derajat celsius), banyak mengeluarkan air ludah (over salivation), lesi/luka pada bagian mulut, gusi (di sekitar gigi), dan kulit di atas kuku, produksi susu drop, dll.

1 2 3 4
Exit mobile version