Tiga Ketum Parpol di Koalisi Indonesia Bersatu Teken Nota Kesepakatan

info ruang publik – Sebanyak tiga ketua umum partai politik yang tergabung di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menandatangani nota kesepakatan atau kesepahaman.
Penandatanganan itu berlangsung dalam acara Silaturahmi Nasional KIB yang digelar di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5) malam.

Tiga pucuk pimpinan Parpol itu adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Penandatanganan nota kesepakatan itu pun disaksikan langsung oleh ketua dewan pimpinan daerah (DPD) Golkar tingkat provinsi, serta dewan pimpinan wilayah (DPW) PAN dan PPP se-Indonesia.

Zulhas menyampaikan penandatanganan nota kesepakatan ini mengartikan bahwa pihaknya membuka pintu bagi siapapun untuk bergabung.

“Kami tanda tangani tadi nota kesepakatan atau nota kesepahaman,” kata Zulhas.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga menyampaikan KIB dibangun untuk menghentikan politik identitas dan mencegah masyarakat terbelah. Menurutnya, KIB bakal memprioritaskan politik yang tenteram demi mencegah perpecahan terjadi di tengah masyarakat.

“Ke depan akan kita bangun agar politik kita bukan politik identitas dan ini sesuai dengan apa yang diupayakan agar masyarakat kota tidak terbelah. Sesuai dengan judul koalisi ya, bersatu. Tentu kepentingan utama kami adalah rakyat,” tuturnya.

Sementara itu, Suharso menyampaikan KIB akan menciptakan demokrasi yang menyenangkan di hari mendatang. Dengan pengalaman dan latar belakang yang dimiliki tiga parpol di KIB, ia meyakini Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik.

“Kita ingin demokrasi itu menyenangkan, menggembirakan. Suksesi itu yang wajar,” kata Suharso.

Sebagai informasi, KIB adalah koalisi parpol menyonsong Pemilu 2024. Para parpol yang tergabung dalam koalisi itu diketahui pula sebagai partai politik yang mendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin saat ini.

Bahkan, dua di antara tiga ketua umum parpol itu adalah menteri di dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Jokowi-Ma’ruf. Dua orang itu adalah Airlangga Hartarto yang merupakan Menko Perekonomian, dan Suharso Monoarfa Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Sementara itu Zulkifli Hasan saat ini diketahui menjabat pula sebagai Wakil Ketua MPR.

(mts/kid)

Exit mobile version