Bayar Tol Tanpa Berhenti Mulai Uji Coba Juli Ini

 

info ruang publik – Pemerintah mencanangkan target pembayaran di tol tanpa berhenti dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) dimulai pada akhir tahun ini. Sebelum diterapkan pada sejumlah ruas tol, uji coba akan dilakukan terlebih dahulu.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) unsur akademisi, Eka Pria Anas mengatakan uji coba dilakukan demi memuluskan rencana penerapan MLFF di akhir tahun nanti. Nantinya uji coba akan dilakukan langsung oleh pengguna jalan menggunakan aplikasi Cantas yang dipasang di smartphone.
“Kita uji coba di lapangan Juli. Setelah aplikasinya matang,” kata Eka kepada detikcom dalam podcast Tolak Miskin, Selasa (31/5/2022).

Saat ini tengah dibahas tol mana yang akan dipilih untuk dilakukan uji coba pada Juli nanti. Eka bilang, tol Bali Mandara adalah yang paling memungkinkan karena karakteristik konektivitas yang lebih sederhana.

“Diusulkan di suatu tempat yang tidak terlalu banyak koneksinya, misalnya di Bali Mandara. Jadi mungkin Bali yang ideal untuk uji coba. Kalau Bali sudah bagus, nanti lanjut uji coba di tempat yang ramai,” kata Eka.

Sebagai informasi, sistem MLFF yang menggunakan teknologi GNSS (Global Navigation Satellite System) merupakan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi GPS yang terhubung dengan satelit.

Dengan teknologi ini, pengguna tol nantinya bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money, karena sistem akan membaca langsung kendaraan yang melewati tol lewat aplikasi Cantas yang dipasang di handphone.

GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses mapmatching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.
(eds/ang)

Exit mobile version